Lentera Malam Dalam Serpihan Tulang

Perspektif dari generasi ke generasi Jayadikrama - Lawi
Karya : Buyut Jayadikrama

Sebongkah batu cerita tak bertulis. Yang mereka bawa oleh hembusan angin. Tentang sebuah peradaban pendahulu kita. Bagai lentera redup diantara  puing-puing berserakan Membawa penerangan peradaban baru. Untuk dipertemukan kembali

Ketika senyap pun berbisik. Memecah kebisuan dan keraguan. Tertatih berjalan dalam tembang kegelapan. Api lentera berkedip tertiup angin. Seakanenggan menemaniku berjalan. Membawaku dalam damai. menapak ditanah kering nan terjal berbatu.

Aku adalah serpihan tulang berserakan. Mengharap keutuhan abadi. Pekat dalam induk semangnya. Saat lenterapun makin redup diantara kerapuhan. Renta senjapun senantiasa menyelimuti jiwaku. Dalam tatapan kerinduan penuh tanya. Kapan lentera kubawa terang kembali. Membawa langkah kaki pada lorong peradaban. Bukan sekedar dongeng penghantar tidur.

Aku menyapamu dan kaupun terdiam. Kau pun menyapaku dalam diam. Alu bertanya. Siapa aku. Siapa kau. Dan siapa mereka. Dari mana kita. Dalam diam mereka menjawab. Adalah kita dari tulang berserakan. dari sebuag lentera peradaban.  


0 komentar: