Skripsi

Skripsi, EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) DALAM PELAYANAN KESEHATAN DASAR DI KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN

ABSTRAK


Deasy Ari Setiawan, 200711001, EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) DALAM PELAYANAN KESEHATAN DASAR DI KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN, Program Studi Administrasi Negara, Program Strata 1, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Surakarta, 2009, 109 halaman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) Dalam Pelayanan Kesehatan Dasar Di Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan, dan kemudian mengevaluasi pelaksanaan program tersebut, serta faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan dukungan data kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui studi dokumentasi , observasi, dan wawancara mendalam. Penentuan informan diperoleh dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian ini secara garis besar dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) Dalam Pelayanan Kesehatan Dasar Di Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan cukup baik, meskipun masih ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya. Pada tahap persiapan koordinasinya sebenarnya dapat tercapai dengan baik, namun belum ada forum-forum khusus dalam menjalankan koordinasi ini. Pada tahap pelaksanaan program dapat disimpulkan bahwa pelaksanaannya telah cukup baik, semua kegiatan Pelayanan Kesehatan Dasar yang ada telah dilaksanakan. Sedangkan tahap pelaporan sudah dapat dilaksanakan dengan baik. Kerutinan dalam memberikan laporan menunjukan komitmen dari pelaksana untuk mentaati peraturan yang telah ditentukan. Selain tahap-tahap pelaksanaan program akan diteliti juga faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program, seperti sikap pelaksana, komunikasi, kondisi sosial, dan sumber daya. Sikap pelaksana dalam pelaksanaan program sudah efektif, dan mendukung pelaksanaan program. Komunikasi pada pelaksanaan program dilakukan secara vertikal dan horisontal. Kondisi sosial pada penelitian ini berupa partisipasi masyarakat. sedangkan sumber daya yang ada sudah cukup memadai terbukti dengan sumber daya manusia yang ada masih bisa melayani masyarakat, tetapi jumlahya masih terbatas untuk tenaga ahli.
Saran yang diajukan untuk pelaksanaan program, perlu adanya kelompok khusus untuk bagian pengkoordinasian, untuk informasi langsung kepada masyarakat puskesmas harus bekerja sama dengan pihak kelurahan dengan membuat pertemuan  khusus tentang sosialisasi program yang dilaksanakan.

untuk lebih lengkapnya silahkan didownload disini
http://www.ziddu.com/download/7308528/HALDEPAN.doc.html
dan disini 
http://www.ziddu.com/download/7313630/bab1-selesai.doc.html










0 komentar: